728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Jumat, 14 Agustus 2015

    [Peserta Lomba Menulis Surat] Untuk Indonesiaku

    Kebumen, 13 Agustus 2015

    Kepada :

    Semua orang, yang merasa memiliki Indonesia

    di seluruh penjuru Nusantara


    Dengan hormat,

    Perkenalkan, saya Aini Hasibah Ningtyas. Saya adalah seorang siswi kelas 9 dari sebuah Sekolah Menengah Pertama di Kebumen.

    Saya menulis surat ini untuk ditujukan kepada semua orang. Saya sudah menuliskannya, bahwa surat ini ditujukan kepada semua orang “yang merasa memiliki Indonesia”.

    Hal tersebut memiliki arti yang luas. Memiliki Indonesia, tidak hanya sebatas menjadikannya sebagai kewarganegaraan, menjadikannya sebagai tempat hidup, menjadikannya sebagai sarana pemenuhan kebutuhan hidup. Memiliki Indonesia, berarti kita merasa bertanggung jawab akan apa yang terjadi di Indonesia.

    Saya ingin mengutip satu pernyataan dari John .F. Kennnedy : “Don’t ask what your country can do for you, ask what can you do for your country!” . Ya, sudah jelas sekali. Jangan tanyakan apa yang bangsamu lakukan untukmu, tanyakanlah apa yang dapat kamu lakukan untuk bangsamu.
    Bolehlah kita untuk sedikit mempertanyakan pada bangsa Indonesia. Apa kira – kira yang sudah dia berikan untuk kita. Tapi selebihnya, kita harus mencoba dan berusaha melakukan “sesuatu” untuk Indonesia. Sesuatu yang kecil saja, tapi bermanfaat. Mungkin, dengan berprestasi dan mengharumkan nama bangsa. Atau, dengan mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku, serta menjunjung Hak Asasi Manusia. Itu hanya sedikit contoh yang saya berikan. Masih banyak hal – hal lain yang bisa kita lakukan untuk Indonesia. Jadi, mari kita berlomba – lomba untuk memberikan sesuatu pada negeri kita tercinta, Indonesia.

    Memang, saya pribadi belum bisa memberikan hal yang besar untuk Indonesia. Saya sedang berada dalam tahap belajar. Tapi saya akan terus berusaha.

    Untuk para pemimpin bangsa ( yang merasa memiliki Indonesia ) , saya ingin mengatakan. Jagalah amanah dari rakyat. Berikan yang terbaik untuk Indonesia. Saya tidak meminta anda – anda semua untuk memajukan bangsa. Karena hal itu merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia.

    Untuk Indonesia, saya pribadi, mengucapkan terima kasih untuk semuanya. Untuk semua hal yang sudah diberikan olehmu, kepada kami, rakyat Indonesia. Semoga di umur yang semakin bertambah, engkau menjadi lebih hebat dari yang lalu. “DIRGAHAYU INDONESIAKU”

    Hanya itu yang bisa saya tuliskan di sini. Jika ada kata – kata yang kurang sopan, mohon dimaafkan.

    Terima kasih.



    Hormat saya,



    Aini Hasibah Ningtyas

    Siswi SMPN 2 Gombong, Kebumen, Provinsi Jawa Tengah
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: [Peserta Lomba Menulis Surat] Untuk Indonesiaku Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top