728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Selasa, 18 Agustus 2015

    [Peserta Lomba Menulis Surat] Surat Kebanggaan Hanya untuk yang Dibanggakan



    Kepada: Bangsa Indonesia Yang Tercinta

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Salam terkasih untuk bangsa Indonsia tercinta. Surat ini kutulis karena aku sangat mencintai bangsaku, bangsa Indonesia. Terlebih untuk menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-70. Surat tanda cinta ini kutulis semata-mata untuk menyampaikan kekaguman dan kebanggaanku terhadap tanah airku. Di tanah megah nan indah ini aku dilahirkan tumbuh dan berkembang demi kejayaan Indonesia.

                Surat ini terdiri atas deretan kata tentang kebanggaan yang begitu dalam bagi bangsaku. Aku sungguh ingin meneteskan tintaku di atas kertas bagimu, bangsaku! Degup kencang yang aku rasakan di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-70 ini begitu membongkah dahagaku akan sebuah makna mengenai “Ayo Maju Bangsaku, Penuhlah Talentamu, Aku Bangga Padamu”. Rasa bangga yang begitu sangat menyelimuti semangatku kuharap juga kau miliki, kawan. Aku berharap sepetik kalimat yang kuberikan pada bangsaku ini dapat membuat semua orang yang membacanya dapat bangkit, bergerak maju, dan mendobrak pintu dunia. Kita harus menyusun semangat kebangsaan dan persatuan sampai kapanpun, meskipun kita banyak ragam perbedaan. Bukankah perbedaan itu kaya? Itu indah? Itu warna? Syukurilah kawanku.

                Tak terasa umur kemerdekaan Indonesia sudah mencapai 70 tahun, umur yang tak muda lagi, ini adalah umur yang sudah sangat matang. Melihat jauh ke belakang, melihat lambat laun sejarah-sejarah baru mulai ditemukan, nama Indonesia sudah tidak asing di telinga orang, bahkan di seluruh penjuru dunia ini. Indonesia banyak memiliki cerita yang masih asing terdengar. Indonesia yang merdeka berkat tumpah darah para pejuang-pejuang yang tulus ikhlas memantapkan derap langkah kakinya demi satu kata untuk Indonesia yaitu “MERDEKA”, kata yang menggambarkan kebebasan, keberhasilan, dan kejayaan, serta kebahagiaan bagi seluruh rakyatnya. Kebanggan adalah salah satu kata yang mengambarkan kesenangan dan kepuasan. Bangga terhadap sesuatu berarti puas memiliki sesuatu tersebut. Menjadi kebanggan adalah cita-cita semua orang di dunia ini yang memiliki mimpi, mimpi yang entah akan kapan untuk diraihnya. Bangsa Indonesia ialah bangsa yang besar terdiri atas 746 bahasa daerah, 17.500 pulau, berbagai macam aliran kepercayaan, kebudayaan, suku dan ras. Semua itu harus dijaga keutuhannya dan kemurniannya karena itu semua merupakan identitas Indonesia. Indonesia juga memiliki dasar negara yang cukup kuat yaitu Pancasila, yang terdiri atas lima sila yang menuntut bahwa bangsa Indonesia harus menjunjung tinggi persatuan dan kedaulatan demi mempertahankan perbedaan. Memang tak banyak yang dapat kami lakukan untuk Indonesia, namun setidaknya kita dapat mempertahan NKRI. Kita sebagai pelajar dapat membuktikan bahwa kita semua ini memang pelajar yang memang seharusnya dapat menjadi generasi penerus bangsa yang kuat dan tangguh. Kita jangan mengikuti langkah mereka orang-orang yang tega mengambil hak-hak orang lain melalui jalur singkat, tertutup, dan korupsi. Bahkan mereka yang tak mengakui kesalahannya di depan hukum, kemudian melakukan penyuapan. Bukankah mereka juga orang terpelajar? Tapi mereka semua hanya tidak mengimbangi ilmu mereka dengan kekuatan iman, sehingga melakukan kecurangan.

    Mendengar hal-hal seperti yang telah tertulis tersebut mungkin hati kita akan miris mendengarnya. Mungkin bangsa Indonesia telah merdeka sejak 70 tahun yang lalu dari penindasan penjajah. Namun sayang seribu sayang, Indonesia belum merasakan kemerdekaan yang sejati dari para hati rakyatnya karena tindakan-tindakan negatif tersebut. Jangan pernah mengubah kebanggaan bangsa kita hanya untuk menjadi kekecewaan dan ketidakpuasan. Karena keemerdekaan Indonesia adalah harga mati yang tak dapat dibeli dengan banyak materi. Seharusnya kita harus bersyukur terhadap anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa karena kita telah dilahirkan di negeri serba ada dengan Sumber Daya Alam yang begitu melimpah. Jangan pernah nodai anugerah-anugerah terindah tersebut. Karena masih banyak potensi terpendam anak bangsa yang dapat dikembangkan.

    Sekian surat tanda cintaku ini, semoga menjadi tulisan pembangun mental-mental lemah yang harus dihidupkan kembali. Aku ingin Indonesia menjadi satu-satunya bangsa yang aku banggakan. MERDEKAA… MERDEKAA… MERDEKA…!!!

    Wassalamualaikum Wr. Wb

    Ungaran, 16 Agustus 2015

    Salam Cinta,

    Fidelia Febi Valentika

    Siswi SMP N 1 Ungaran, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: [Peserta Lomba Menulis Surat] Surat Kebanggaan Hanya untuk yang Dibanggakan Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top