728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Sabtu, 15 Agustus 2015

    [Peserta Lomba Menulis Surat] Pemutus Lingkaran Setan

    Jember, 13 agustus 2015

    Kepada Yth :

    Kementrian pendidikan dan k ebudayaan Indonesia

    Di tempat

    AssalamualaikumWr. Wb

    Perkenankan saya memperkenalkan diri. Nama saya Pricylia Wulanda Alifianti dari MAN 1 JEMBER di daerah Jember JawaTimur.

    Saya di sini ingin membahas tentang pemutus lingkaran setan yang ada di Indonesia ini. Lingkaran setan yaitu meliputi :



    1. Kemiskinan

    2. Masalah hutang luar negeri

    3. Rendahnya SDM

    4. Penyempitan infrastuktur

    5. Korupsi

    6. Rendahnya pendidikan

    7. Kesehatan

    8. Kurangnya lapangan pekerjaan

    Hal-hal di atas adalah masalah yang belum bisa diperbaiki oleh Negara Indonesia. Jika kita perhatikan lagi hal yang paling penting dan perlu diperbaiki terlebih dahulu adalah masalah pendidikan. Jika kita dapat memperbaiki pendidikan di Indonesia maka kita dapat mencegah kemisikinan, hutang Negara tidak akan terus bertambah, kualitas SDM meningkat,  lapangan pekerjaan akan terpenuhi, karena kita sudah mempunyai bekal pendidikan yang berkualitas.  Tetapi pada kenyataan pendidikan di Indonesia  pada saat ini menurut saya sangat buruk terutama bagi kurikulum baru yaitu kurikulum  2013. Kurikulum baru ini menimbulkan banyak keresahan pada siswa dan siswi seperti saya.

    Kurikulum 2013 memang dalamsegi pembelajaran sudah cukup bagus menurutsaya, siswa yang dituntut lebih berperan aktif dalam proses KBM. Seorang guru  tidak lagi diharuskan untuk menjelaskan materi karena para siswalah yang wajib mencari dan mengerti sendiri. Tetapi kewajiban kami sebagai seorang siswa tidak diimbangi oleh hak-hak yang seharusnya kami dapatkan seperti buku kurikulum 2013 untuk kelas 11  yang sampai sekerang masih belum ada ataupun terbatas terutama di sekolah saya yang berada di kota kecil jauh dari ibukota. Saya harus mencari dan membeli sendiri di took buku yang harganya cukup mahal dan itupun terkadang sudah kehabisan stok karena harus berebutan dengan siswa-siswa lainnya. Saya mencoba bertanya kepada guru saya kenapa buku kurikulum 2013 umtuk kami tidak ada, ternyata sekolah harus mempunyai izin langsung dari pemerintah,  sekolah telah mencoba meminta stok buku, tapi hingga sekarang belum ada kabarnya. Kami hanya belajar berdasarkan apa yang telah dijelaskan oleh guru kami yang sangat terbatas. Kami membutuhkan referensi yang lebih banyak untuk pembelajaran kami. Kenapa harus menggunakan kurikulum 2013 jika pemerintah belum siap? Bagaimana bias kami melaksanakan kewajiban kami jika hak kami tidak terpenuhi? Bagaimana dengan cita-cita kami? bagaimana Indonesia bias berubah jika pemutus lingkaran setan pun tak dapat diperbaiki? Jangan hanya membuat banyak program ataupun perubahan jika hanya akan menimbulkan masalah baru. 70 tahun Indonesia merdeka, buktikan jika kata merdeka bukan hanya sebuah kata hiasan belaka           , buktikan jika perjuangan para pahlawan tidak sia-sia, buktikanlah pada dunia Indonesia akan berubah menjadi Negara yang lebih baik. Kami pemuda pemudi Indonesia penerus bangsa berjanji akan selalu menjaga dan menyejahterakan tanah air tercinta ini, Indonesia. MERDEKA, MERDEKA, MERDEKA !!!

    Sekian dari saya, kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Salam sejahtera !!!

    WassalamualaikumWr.Wb

    Hormat saya



    Pricylia Wulanda A.

    Siswi MAN 1 Jember Provinsi Jawa Timur
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: [Peserta Lomba Menulis Surat] Pemutus Lingkaran Setan Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top