728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Minggu, 16 Agustus 2015

    [Peserta Lomba Menulis Surat] Save Alam Indonesia

    Kepada

    Semua Insan Indonesia untuk menjaga alam bumi pertiwi

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.....

    Apa kabar Indonesia?aku harap kita selalu sehat serta tetap dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.Surat ini aku tujukan kepada semua insan bumi Pertiwi agar peduli alam Indonesia. Teman-temanku yang berbahagia,perkenalkan aku hanyalah salah satu orang yang merasa sedih melihat kondisi alam Bangsa Indonesia.Betapa tidak sobat Negeri kita ini dulunya memiliki berjuta-juta flora dan fauna,sekarang lihatlah kondisi alam kita sangatlah memprihatinkan.Pembakaran hutan,ilegal logging, sampai pemburuan fauna-fauna langka.Sobat mari kita dendangkan lagu berikut ini:

    LESTARI ALAMKU

    Lestari Alamku Lestari Desaku.

    Dimana Tuhanku Menitipkan Aku.

    Nyanyi Bocah-bocah Di Kala Purnama.

    Nyanyikan Pujaan Untuk Nusa.

    Damai Saudaraku Suburlah Bumiku.

    Kuingat Ibuku Dongengkan Cerita.

    Kisah Tentang Jaya Nusantara Lama.

    Tentram Kartaraharja Di Sana.

    Reff:Mengapa Tanahku Rawan Ini.

    Bukit Bukit Telanjang Berdiri.

    Pohon Dan Rumput Enggan Bersemi Kembali.

    Burung-burung Pun Malu Bernyanyi.

    Kuingin Bukitku Hijau Kembali.

    Semenung Pun Tak Sabar Menanti.

    Doa Kan Kuucapkan Hari Demi Hari.

    Kapankah Hati Ini Kapan Lagi.

    Dari lagu diatas kita tahu bahwa bumi Indonesia ini dulunya memiliki alam yang luar biasa indahnya.Dulu pepohonan sangat banyak,berbagai macam fauna juga ada.Air melimpah ruah karena ditampung oleh hutan.Sekarang itu semua telah menjadi kenangan,telah menjadi dongengan seorang kakek pada cucu-cucunya.Hutan kita yang dahulu asri sekarang lenyap karena penebangan liar hingga pembakaran hutan besar-besaran yang hanya mementingkan kepentingan pribadi,sehingga banyak terjadi berbagai macam bencana seperti tanah longsor,banjir,kebakaran hutan,dan lain sebagainya. sebagai contoh yaitu bencana kebakaran hutan yang terjadi di Riau. Hampir tiap hari Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) memadamkan api di berbagai daerah di Riau. Sudah ratusan hektare hutan dan lahan gambut yang terbakar. Termasuk di Desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar. berbagai upaya pun dilakukan, mulai dari mengirim mobil pemadam kebakaran ke tengah kawasan hutan, hingga pemadaman lewat udara. Kebakaran tidak hanya menghanguskan ratusan hektare lahan dan hutan.Tetapi kebakaran hutan juga menghanguskan perkebunan kelapa sawit milik masyarakat.

    Lihatlah sobat bagaimana dampak yang timbul dari kerusakan alam?banyak sekali dampaknya. Asap pembakaran hutan yang menyelimuti beberapa daerah di Riau bahkan sampai ke Negara Singapura.Tentu asap tersebut sangat berbahaya bagi kita seperti berbahaya bagi kesehatan kita,karena Kabut asap kebakaran hutan dan lahan juga berdampak buruk bagi kita.Banyak warga yang menerima dampak buruk dari kebakaran hutan,sebanyak 2.712 warga mulai terserang penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).Selain menyebabkan penyakit ISPA kabut asap juga mengganggu jarak pandang sehingga menyebabkan kecelakaan transportasi. Pembakaran hutan ini bertujuan untuk membuka area perkebunan baru, karena pembakaran merupakan cara yang mudah dan sangat efektif untuk membuka lahan.Banyak orang yang mementingkan dirinya sendiri tanpa mempedulikan  yang lainnnya.

    Marilah sobat kita bersatu padu menjaga kelestarian alam Indonesia.Dengan cara menjaga,merawat,dan melestarikan keanekaragaman hayati yang ada,agar kelak anak cucu kita dapat merasakan keindahan alam Indonesia,sehingga flora fauna Indonesia tidak hanya menjadi dongengan belaka.Dan jadikan keanekaragaman hayati Indonesia sebagai kekayaan daripada Negara Indonesia.SAVE ALAM INDONESIA DEMI MASA DEPAN BANGSA YANG LEBIH BAIK.

    Ainur Rofiqi

    Siswa SMAN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: [Peserta Lomba Menulis Surat] Save Alam Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top