728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Senin, 17 Agustus 2015

    [Peserta Lomba Menulis Surat] Jadi Remaja Jangan Hanya Mewarisi

    Kepada ;

    Indonesiaku

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Salam sejahtera bagi kita semua. Merdeka!!

    Indonesia adalah negeri kita tercinta. Negeri dengan sejuta mimpi bagi para generasinya. Negeri yang dibangun kokoh dengan pondasi pancasila. Negeri yang kaya akan budaya dan bahasanya. Negeri yang menyimpan kekayaan alam dalam tanah dan airnya. Itulah yang telah Negeri persembahkan untuk kami. Namun kawan, apa yang sudah kita berikan untuk negeri ini? Sudahkah sesuatu yang bermanfaat kita perbuat?

    Kita memang masih remaja. Namun disaat remaja inilah kesempatan kita untuk bisa berguna bagi bangsa. Melalui prestasi-prestasi yang kita raih dalam berbagai kegiatan yang kita ikuti. Entah itu dibidang akademik maupun non akademik. Semua itu memang tidak mudah. Karena segala sesuatunya butuh perjuangan. Namun setidaknya, kita bisa berusaha sekuat apa yang kita bisa. Walaupun kita gagal, kita akan menjadi orang yang lebih baik, karena setidaknya kita mau mencoba dengan kemauan keras dan sikap pantang menyerah. Itulah hal yang kecil namun bermakna besar. Ingat, Tidak perlu hal yang besar, karena sesuatu yang besar berawal dari yang kecil. Sekecil apapun yang kita lakukan untuk bangsa, itu sudah besar sekali maknanya.

    Maka dari itu, kita sebagai generasi muda harus bisa menjalankan kewajiban kita sebagaimana mestinya. Sebagai seorang pelajar, kita harus menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh, pantang menyerah, dan selalu termotivasi untuk terus belajar. Tidak hanya disekolah, tapi dimana saja, kapan saja, dan dalam kondisi apa saja. Karena didalam hidup ini, kita bisa mengambil pelajaran walau hanya dari melihat atau mendengar saja. Untuk itu, jangan pernah lelah untuk menuntut ilmu. Carilah ilmu sebanyak yang kamu mampu. Gali pengetahuan sedalam palung lautan. Kumpulkan wawasan hingga seluas cakrawala. Dan bangun samudra dengan tetesan ilmu kita. Dengan demikian, ilmu yang telah kita miliki dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Guna membangun negeri. Selain itu, dari berbagai ilmu yang kita pelajari, kita bisa memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi negeri.

    Sebagai pemuda Indonesia, kita adalah harapan bangsa. Calon pemikul cita-cita  bangsa. Dan untuk tugas berat tersebut, kita harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Oleh karena itu, jangan pernah menyia-nyiakan waktu untuk menuntut ilmu. Jangan pernah merasa lelah. Dan jangan cepat merasa puas.  Meskipun kita sering mendengar istilah “tiada kata terlambat untuk menuntut ilmu” tapi alangkah baiknya apabila kita memanfaatkan waktu muda kita untuk menuntut ilmu sebanyak-banyaknya. Ini akan jauh lebih baik daripada kita menggunakan waktu muda kita untuk kegiatan yang tidak ada manfaatnya. Ingat, “jaga masa mudamu sebelum datang masa tuamu”. Untuk itu, gunakanlah waktu sebaik-baiknya. Janganlah jadi remaja yang hanya mewarisi, tapi kita harus bisa membangun negeri ini. Karena nasib suatu bangsa ditentukan oleh generasi mudanya.

    Kita sebagai generasi muda yang cinta Indonesia, juga harus siap berjuang demi nama Indonesia. Bukan dengan senjata, melainkan dengan pena. Karena dengan pena, kita bisa mengukir bangsa. Sehingga indonesia menjadi bangsa yang lebih baik dari sebelumnya. Bangsa yang memiliki kualitas pendidikan setara dengan negara-negara maju didunia. Bangsa yang mampu mengolah kekayaan alam dengan intelektualnya. Untuk itu, kuasailah teknologi. Bangun negeri sendiri. Jangan biarkan ada monopoli dari pihak asing. Karena pemilik Indonesia, adalah rakyat indonesia sendiri.

    Marilah kita bersama-sama membangun negeri tercinta ini. Lakukanlah apa yang kita bisa. Jangan sia-siakan kemerdekan yang sudah susah payah diperjuangkan para pahlawan. Karena saat ini, tugas kita untuk mempertahankan kemerdekaan. Mulailah berpikir, bahwa masa depan bangsa ada ditangan kita.

    Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan Indonesia bisa menjadi bangsa yang lebih baik lagi kedepannya. Terimakasih atas segala perhatian, dan mohon maaf atas segala kekurangan.

    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Hormat saya

    Via Ayuningtias Pratiwi

    Siswi SMAN Ambulu, Jember, Provinsi Jawa Timur
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: [Peserta Lomba Menulis Surat] Jadi Remaja Jangan Hanya Mewarisi Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top