728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Jumat, 13 Juni 2014

    [Surat Untuk Capres 2014] Kembalikan Masa Depan Teknologi Kami

    Pontianak, 11 Juni 2014-06-08



    Kepada Yth.


    Bapak Capres dan Cawapres


    Di tempat



    Assalamualaikum Wr. Wb.


    Salam sejahtera saya sampaikan kepada Bapak Capres dan Cawapres yang nantinya akan memimpin negara kita tercinta ini. Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Tuhan YME. Amin.


    Pada kesempatan yang baik ini, izinkanlah saya untuk memberikan sedikit saran dan kritik yang saya harapkan dapat membangun negeri ini, terutama dalam bidang pendidikan.


    Beberapa waktu yang lalu, dunia pendidikan dibuat terkejut dengan dihapuskannya pelajaran teknologi dan informasi dari dalam kurikulum 2013 dengan alasan yang sampai sekarang masih banyak dipertanyakan oleh banyak pihak, terutama kami sebagai pelajar.


    Berbagai alasan diberikan pada kami mengenai penghapusan pelajaran tersebut dari kurikulum 2013, seperti :


    -          Pelajaran TIK dapat berintegrasi dengan pelajaran yang lainnya


    -          Biaya yang mahal bagi pemerintah untuk menyediakan fasilitas lab komputer disetiap sekolah, dan


    -          Zaman sekarang anak-anak tidak perlu diajarkan komputer lagi karena mereka dapat belajar sendiri.


    Sebagai seorang pelajar saya merasa dengan dihapuskannya pelajaran TIK, justru akan menyulitkan dan merugikan para pelajar sendiri ketika nantinya akan melanjutkan ke universitas ataupun memasuki dunia kerja. Hal ini disebabkan karena pelajaran TIK mengajarkan kita untuk dapat menggunakan semua fasilitas yang tersedia pada sebuah komputer dan juga mengajarkan kita untuk dapat menghimpun informasi dari luar yang nantinya pasti akan dibutuhkan diuniversitas ataupun ketika kita bekerja.


    Banyak pihak yang berpendapat bahwa pelajaran TIK dapat berintegrasi dengan pelajaran-pelajaran lainnya karena saat ini banyak pelajaran yang proses belajar-mengajarnya dibantu oleh alat-alat teknologi. Walaupun begitu, kita tetap saja harus belajar cara memanfaatkan teknologi-teknologi tersebut (terutama komputer) terlebih dahulu sebelum dapat mengaplikasikannya untuk digunakan pada pelajaran lain.


    Selain itu, pelajaran TIK juga tidak sekedar mengajarkan cara untuk menggunakan fasilitas-fasilitas ataupun program-program didalam komputer saja. Pelajaran TIK juga mengajarkan kita bagaimana caranya merakit sebuah CPU komputer, membuat kabel LAN sendiri, memperbaiki komputer, membuat program-program sendiri, dan banyak lagi. Pada pelajaran TIK kita juga diajarkan dasar-dasar dari merakit sebuah robot.


    Pada era globalisasi saat ini, TIK sangat penting bagi sebuah bangsa dan negara untuk dapat bersaing dengan negara-negara lain. Hampir seluruh negara didunia ini memprioritaskan kemajuan dalam bidang teknologi daninformasi. Dengan dihapuskannya TIK dari kurikulum kita ini, bukankah dengan begitu kita telah membuat negara kita ini tertinggal dengan negara-negara lain?


    Ketertinggalan ini nantinya pasti akan membuat kita merasa kecil dan dikucilkan. Ketika negara lainsudah dapat menciptakan berbagi teknologi-teknologi yang hebat dan mutahir, kita hanya dapat merasakannya saja, kita hanya dapat menjadi pengguna saja, kita hanya dapat berbangga karena telah menggunakan dan mencobanya saja, dan kita hanya dapat menjadi penonton tanpa dapat menunjukkan dan membuat teknologi hasil karya bangsa kita sendiri.


    Oleh sebab itu, jika Bapak menjadi presiden dan wakil presiden nanti, saya harapkan Bapak dapat membuat pelajaran TIK kembali diadakan dan diajarkan pada setiap sekolah. Karena kita harus dapat memiliki dan menentukan masa depan teknologi kita sendiri. Kita harus memiliki masa depan teknologi yang lebih cerah daripada negara-negara lainnya diluar sana.


    Bapak Capres dan Cawapres, saya harapkan anda dapat mengembalikan masa depan teknologi negara kita tercinta ini. Saya doakan semoga nantinya, anda dapat memimpin negara kita tercinta ini dengan sebaik mungkin dan dapat memberikan kita, terutama para pelajar teladan yang baik. Teladan yang dapat dicontoh dan dibanggakan.


    Terima kasih atas kesempatan dan perhatiannya. Lebih kurangnya saya mohon maaf.


    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




    Hormat saya,



    TANRYPADA THURSINA


    Siswi SMAN Pontianak Provinsi Kalimantan Barat

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: [Surat Untuk Capres 2014] Kembalikan Masa Depan Teknologi Kami Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top