728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Selasa, 17 Juni 2014

    [Surat Untuk Capres 2014] Ujian Nasional, Ih Tatut...

                Wahai calon pemimpin bangsa ini, ini adalah coretan kecil dari seseorang di ujung negeri. Mungkin, judul surat saya ini begitu lebay. Namun, jika kita memaknai kalimat tersebut tentunya pikiran kita semua akan tertuju terhadap masalah ujian nasional yang selalu menjadi momok terhadap para siswa di seluruh Indonesia.


    Banyak dari mereka yang melakukan hal-hal curang agar mereka dapat lulus dalam ujian nasional. Nah, disinilah salah satu awal dari permasalahan bangsa ini, pemimpinku. Kejujuran telah mereka abaikan demi mencapai tujuan mereka yakni kelulusan. Jika hal ini terus dibiarkan maka, bangsa kita akan segera hancur dengan sendirinya. Mereka nantinya akan menjadi generasi yang akan menggantikan kalian untuk memimpin bangsa ini. Bisakah kalian membayangkan? Apa jadinya bangsa ini jika pemimpin kita tidak memiliki kejujuran dalam dirinya?


    Sekarang, harapan kami tumpukan kepada kalian. Mungkin, hal pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan merubah sistem pendidikan di negeri ini. Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak tenaga pengajar yang kurang berkualitas di negeri ini sehingga membuat pembekalan materi yang mereka berikan terhadap para siswa terasa kurang optimal. Selain itu, polisi yang seharusnya bertugas untuk mengamankan ujian nasional justru sudah ikut-ikutan untuk memudahkan siswa untuk melakukan tindakan curang seperti mencontek, diskusi dan lain-lain begitupun yang juga dilakukan oleh tenaga pengajarnya.


    Saya mungkin bisa memberikan beberapa opsi terhadap masalah ini yakni dengan menjadikan tentara bersenjata sebagai pengawas ujian nasional sehingga siswa hampir tidak mempunyai celah untuk melakukan tindakan curang sehingga fungsi tentata juga bisa lebih optimal atau dengan melakukan pendekatan secara psikis kepada para pelajar untuk menanamkan nilai-nilai moral sehingga mereka tidak mempunyai pikiran untuk melakukan tindakan curang tersebut.


    Selanjutnya, masalah sarana dan prasarana yang belum terlalu mencukupi di beberapa sekolah di berbagai daerah juga menjadi penyebab siswa melakukan tindakan curang saat ujian nasional. Mereka merasa bahwa materi yang mereka miliki belum terlalu cukup untuk mengikuti ujian nasional. Sehingga dari masalah ini, saya berharap jika kalian yang terpilih nantinya dapat memberikan sarana maupun prasarana yang baik untuk pendidikan di negeri kita tercinta ini. Kalian perlu untuk mempersiapkan tenaga pengajar yang berkualitas untuk seluruh sekolah, memberikan materi penanaman nilai-nilai moral, menyediakan buku-buku yang mencukupi untuk seluruh siswa di Indonesia.


    Dengan semua upaya ini saya yakin bahwa negara kita akan mulai merangkak menuju kebangkitan karena generasi-generasinya telah memiliki bekal ilmu yang cukup serta akhlak yang mulia untuk dapat membawa bangsanya menuju Indonesia yang gemilang.


                Pemimpinku, kalian lah yang akan menjadi pewujud harapan kami nantinya.


                JAYA INDONESIAKU, JAYALAH NEGERIKU!!! J .



    FELLA ULANDARI


    Siswi SMAN Sumatera Selatan Provinsi Sumatera Selatan

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: [Surat Untuk Capres 2014] Ujian Nasional, Ih Tatut... Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top