728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Jumat, 20 Juni 2014

    [Surat Untuk Capres 2014] Jeritan Pelajar Tentang Pentingnya Pendidikan Di Indonesia

    Jombang, 18 Juni 2014


    Kepada Yth.


    Kedua pasangan Calon Presiden Indonesia


    di tempat,


    Assalamu’alaikum Wr. Wb.



                Salam sejahtera kami sampaikan kepada Bapak Calon Presiden Indonesia yang senantiasa dalam rahmat dan lindungan Allah SWT.


                Bapak Calon Presiden yang kami hormati,


    Kami selaku pelajar Indonesia tentunya mengidam-ngidamkan suatu pendidikan di Negara ini menjadi pendidikan yang bagus dan berhasil. Tetapi nyatanya di Indonesia saat ini tingkat pendidikan sangat rendah, bahkan ada yang mengatakan bahwa tingkat pendidikan Indonesia gagal. Itu disebabkan karena banyaknya anak yang putus sekolah, anggaran pendidikan rendah, kurangnya akhlaq dan budi pekerti bagi pelajar, banyaknya anak yang menikah diusia dini, bahkan parahnya lagi, terjadi pelecehan seksual pada anak-anak dibawah umur. Selain itu, tidak layaknya bangunan sekolah untuk dijadikan sebagai tempat belajar mengajar. Bangunan sekolah yang rapuh hingga tidak layak digunakan lagi sebagai tempat belajar menjadi siswa-siswi tidak nyaman. Sudah seharusnya dianggap sebagai masalah yang serius dan perlu perhatian khusus dari pemerintah. Hal ini dirasa begitu kontras dengan megahnya bangunan gedung-gedung pemerintahan yang ada. Dan masih banyak lagi masalah-masalah yang lain. Itu semua adalah sebagian kecil diantara problematika yang menghantui dunia pendidikan di Indonesia.


    Bapak Calon Presiden yang terhormat,


    Kami sebagai generasi penerus bangsa ingin memperoleh pendidikan yang layak dan tidak ada beban biaya pendidikan. Sehingga kami dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi hingga sampai ke perguruan tinggi. Karena banyak sekali anak yang putus sekolah sebelum tamat jenjang pendidikannya disebabkan biaya pendidikan yang begitu mahal. Sehingga banyak orang tua yang tidak mampu membiayai anaknya dan menginginkan anaknya putus sekolah. Padahal si anak tetap ingin bersekolah hingga ke perguruan tinggi. Maka dari itu, kami berharap adanya tambahan beasiswa bagi anak yang kurang mampu dan anak yang berprestasi.



    Bapak Calon Presiden yang kami hormati,


    Kami sebagai generasi penerus bangsa, tentunya ingin membuat bangsa ini menjadi bangsa yang lebih baik, dengan dapat memanfaatkan sumber kekayaan yang ada. Indonesia adalah Negara yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA). Hingga Indonesia dijuluki sebagai Negara “Gemah Ripah Loh Jinawi”. Tetapi sayangnya kekayaan itu dikuasai oleh bangsa lain. Kita sebagai pemilik Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah ruah tersebut tidak dapat mengelola dan memanfaatkannya dengan baik. Sehingga sumber daya yang kita miliki dikelola oleh bangsa asing. Kita sebagai pelajar dan generasi penerus bangsa tidak ingin hal itu terjadi secara terus menerus. Itu semua terjadi dikarenakan rendahnya tingkat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia, dan kurangnya tenaga pengajar yang ahli dan berkualitas. Sehingga warga Negara Indonesia tidak dapat mengelola dan memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada dengan baik. Seperti saja di Negara lain entah di Negara mana, kami tidak tahu. Ketika terjadi suatu bencana seperti gempa bumi, stunami, pengeboman dan lain sebagainya. Yang diselamatkan oleh pemerintah terlebih dahulu adalah guru. Pejabat-pejabat tinggi yang lain dibiakan. Yang penting guru-guru selamat. Karena pemerintah di Negara tersebut yakin bahwa guru dapat mencerdaskan generasi penerus bangsa. Sehingga generasi penerus bangsa dapat mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang ada dengan baik meskipun banyak sekali perabot dan perlengkapan Negara yang hangus dan hancur akibat bencana. Pemerintah yakin hanya pemudalah yang dapat mengganti semua itu, bahkan mereka bisa menciptakan sesuatu yang baru dan bisa lebih dari itu. Itu sebabnya pemerintah lebih mementingkan untuk menyelamatkan guru terlebih dahulu dari pada yang lain. Karena maju mundurnya suatu bangsa tergantung pada generasi muda dan generasi muda itu tergantung pada gurunya. Gurulah yang mempunyai ilmu pengetahuan yang akan disampaikan kepada anak didiknya. Sehingga generasi muda tersebut dapat memperbaiki negaranya dengan bekal ilmu yang diperoleh dari gurunya. Dengan demikian majulah Negara tersebut.


                Bapak Calon Presiden yang terhormat,


    Bagaimana dengan Negara Indonesia tercinta ini. Seharusnya Negara Indonesia bisa mencontoh Negara tersebut untuk lebih mementingkan dunia pendidikan. Karena maju mundurnya suatu Negara tergantung pada kualitas pendidikannya. Jika Negara Indonesia dapat mencontoh dan mengambil pelajaran dari Negara tersebut. Insyaallah, Negara Indonesia bukan lagi menjadi Negara yang berkembang melainkan menjadi Negara yang maju. Apalagi didukung dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah ruah. Ini tidak akan mustahil jika bangsa Indonesia mau berubah dan siap untuk menghadapi perubahan.


                Bapak Calon Presiden yang terhormat,


    Masalah serius di dunia pendidikan kita yang semakin memprihatinkan kerap kali dianggap sebagai angin lalu. Sekarang dengan adanya calon pemimpin baru sudah saatnya kita mulai berbenah diri dengan menyadari betapa pentingnya pendidikan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan tujuan awal bangsa Indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke-4. sehingga dapat terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas tinggi. Pendidikan adalah kunci dari semua problematika yang ada di negeri ini. Dengan tingginya mutu pendidikan, maka tinggi pula mutu sumber daya manusia yang ada. Sudah saatnya kita membuka mata, hati, dan pikiran kita dengan mencermati secara serius mengenai permasalahan-permasalahan di dunia pendidikan itu sendiri. Indonesia sebagai negara berkembang tentu saja harus menyadari arti penting pendidikan sebagai bekal untuk menyelesaikan berbagai masalah baik politik, sosial, ekonomi, dan lainnya yang mengendap di bumi Indonesia. Tidak pernah ada kata terlambat untuk memperbaiki diri. Indonesia tercinta ini harus mengerahkan sekuat tenaga untuk menyelesaikan berbagai permasalahan negeri ini dengan memperbaiki mutu pendidikan itu sendiri.


                Bapak Calon Presiden yang kami hormati,


    Jika salah satu dari bapak yang terpilih menjadi pemimpin Indonesia nanti. Bagaimana sikap dan cara yang bapak lakukan untuk mengatasi masalah pendidikan yang ada di Indonesia tersebut dan program kerja apa yang bapak rencanakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia sehingga bangsa Indonesia dapat menyelesaikan berbagai problematika yang dihadapinya. Dan bangsa Indonesia tidak lagi menjadi bangsa yang berkembang melainkan menjadi bangsa yang maju sesuai dengan cita-cita dan harapan bangsa. Bapak, tolong yakinkan kami sebagai pelajar untuk memberi suara dan memilih bapak sebagai pemimpin Negara ini. Kami yakin bapak pasti bisa. Sehingga kami dapat memegang janji bapak untuk menjadikan negara Indonesia ini menjadi Negara yang maju. Dan kami yakin Indonesia pasti bisa. Aamiin.


    Terima kasih atas perhatian Bapak yang telah menyempatkan waktu untuk membaca surat ini dan menindaklanjutinya dalam gerak langkah yang nyata untuk Indonesia yang lebih baik. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan, kami meminta maaf.



    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



    Hormat kami,


    DEWI LESTARI


    Siswi SMA A.Wahid Hasyim Tebuireng Jombang Provinsi Jawa Timur



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: [Surat Untuk Capres 2014] Jeritan Pelajar Tentang Pentingnya Pendidikan Di Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top