728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Minggu, 22 Juni 2014

    [Surat Untuk Capres 2014] Jangan Hanya Kekayaan SDA Kami, Perhatikan Juga Nasib SDM Kami!

    Sleman, 22 Juni 2014


     Yth. Calon Presiden Indonesia


    Assalamuallaikum Warahmatullahiwabarakatuh, Bapak Calon Presiden yang kami cintai, perkenalkan nama saya Diyani Islamiyati saya adalah siswi kelas XII di SMKN 2 DEPOK SLEMAN. Melalui surat ini saya ingin menyalurkan aspirasi saya yang mungkin menjadi aspirasi pelajar di Indonesia khususnya di bidang pendidikan.


    Pendidikan merupakan salah satu sarana guna meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia. Masih membekas dipikiran saya mengenai nasib pendidikan anak-anak yang hidup di Indonesia Bagian Timur. Luasnya kawasan dengan jumlah penduduk dan kepadatan penduduk yang sangat rendah, kedua keaneka-ragaman masyarakat dan kultural dengan tingkat penguasaan infromasi dan teknologi yang rendah, ketiga, rendahnya tingkat pendidikan, melek huruf dan akses atas pendidikan tinggi merupakan penyebab ketertinggalan Indonesia Timur.Banyak dari mereka yang sangat membutuhkan perhatian kita. Jika kita perhatikan tentu sangat berbeda dengan nasib anak-anak yang bersekolah dan tinggal di kota-kota besar (Pulau Jawa). Mereka mendapat sarana dan prasarana yang layak untuk menuntut ilmu. Berbeda jika kita melihat anak-anak yang tinggal di Indonesia bagian Timur. Kehidupan mereka sangat minim pendidikan. Tidak meratanya pelayanan pendidikan menjadi penyebab ketertinggalan mereka. Jika kita lihat sebenarnya kekayaan sumber daya alam di Indonesia bagian Timur ini bahkan lebih kaya dari daerah lain, contohnya pertambangan. Hanya saja kemampuan dan produktivitas orang-orang disana untuk mengelolanya demi Bangsa dan Negara masi terbatas. Karena keterbatasan inilah banyak Perusahaan Asing yang memanfaatkanya. Hal ini tentu saja merugikan Negara, dimana kita hanya mendapat pembagian hasil keuntungan yang minim sementara kekayaan SDA kita terus dikuras. Inilah bukti masih perlunya pemerataan pembangunan di Indonesia khususnya di Indonesia bagian Timur.


    Bapak Calon Presiden yang kami Cintai, "Setiap anak, baik dari golongan menengah kebawah sampai menengah ke atas, berhak untuk bermimpi besar untuk kemajuan negara ini. Namun apakah mimpi besar itu hanya sekedar akan menjadi bunga tidur? Ketika kami harus dihadapkan dengan minimnya pelayanan pendidikan yang semakin mencekik mimpi kami." Mungkin kalimat tersebut adalah aspirasi anak-anak yang tinggal di Indonesia bagian Timur. Mereka berharap mendapatkan keadilan dan perhatian yang sama dari pemerintah. Baik fasilitas (seperti gedung, transportasi, peralatan sekolah, dll) maupun guru menjadi hal yang sangat dibutuhkan anak-anak di Indonesia Timur. Sangat dibutuhkan guru yang bersedia mengajar di Indonesia Timur, karena masih banyak guru yang hanya bercita-cita untuk mengajar di kota-kota besar. Saya mengerti bahwa anak-anak di kota besar juga membutuhkan pendidikan yang layak. Namun masyarakat di pedalaman (Indonesia Timur) juga lebih membutuhkan perhatian kita demi terwujudnya pemerataan pembangunan.Untuk itu diperlukan pendidikan formal yang cukup, keterampilan dan keahlian khusus yang sesuai dengan potensi SDA setempat agar kedepannya anak-anak di Indonesia Timur juga mempunyai modal untuk masa depan dan kemajuan baik bagi daerahnya, Bangsa dan Negara.


    Bapak Calon Presiden yang saya hormati, saya berharap dengan adanya pemimpin baru nanti dapat membawa bangsa dan negara Indonesia ke arah yang lebih baik, khususnya di bidang pendidikan yang menjadi modal utama untuk masa depan kami, putra-putri penerus bangsa. Salam Perjuangan.


    Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan. Terimakasih atas waktu Bapak membaca surat aspirasi kami.


    Wassalamuallaikum Warahmatullahiwabarakatuh.


    DIYANI ISLAMIYATI


    Siswi SMKN 2 Depok Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    Item Reviewed: [Surat Untuk Capres 2014] Jangan Hanya Kekayaan SDA Kami, Perhatikan Juga Nasib SDM Kami! Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top