728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Sabtu, 31 Agustus 2013

    [Peserta Lomba Menulis Surat] Yakin, Merdeka?

    Assalamu’alaikum Warrahmatuallahhi Wabarrakaatu.


    Saya mendengar kabar bahwa ada lomba menulis surat untuk Indonesia ini sungguh senangnya hati saya, karena akhirnya saya bisa mengabarkan, memberitau, mengeluarkan, berbicara, mengeluarkan pendapat, dll untuk negara saya. Disini saya hanyalah seorang pelajar SMA sederajat, tetapi saya pun juga termaksud sebagai pelajar yang bertempat tinggal dan bersekolah di Indonesia. Di dalam surat ini saya ingin menyampaikan beberapa hal yang sering saya lihat, dengar, merasakan dalam kehidupan ini. Sebelumnya saya minta maaf akan surat yang saya berikan dan saya tulis kepada Indonesia ini apabila ada salah kata dan perbuatan dalam surat saya ini.


    Tanggal 17 Agustus 1945 adalah hari dimana dikumandangkanhya sebuah proklamasi untuk bangsa Indonesia, hari bersejarah bagi bangsa kita, hari dimana negara di dunia mengakui kemerdekaan bangsa Indonesia. Tak dipungkiri setiap tanggal 17 Agustus kita semua merayakan hari kemerdekaan bagi bangsa  kita.Apabila kembali kemasa lalu sungguh tragis, menyedihkan, mengharukan, saat kita mengingat bagaimana susahnya para pahlawan memperjuangkan bangsa Indonesia ini hingga merdeka. Tapi dibalik kata kemerdekan yang telah kita ucapkan, yakinkah kita merdeka ? Apa seperti ini rasanya merdeka ? Atau kemerdekaan itu hanya bisa kita rasakan sebagian ? lalu kemana sebagian nya lagi?


                Sebagai seorang pelajar disini saya banyak melihat kejadian di sekitar lingkungan saya. Bagi saya masih banyak seorang pengemis yang berada di jalan – jalan raya, bahkan sesekali pernah juga saya melihat seorang anak yang seharusnya bersekolah justru mereka bekerja, ada yang mengamen, berjualan, dan lain lainnya. Selain itu di Indonesia menurut saya masih banyak orang miskin yang kurang perhatian pemerintah, bahkan ada sebagian tempat yang rasanya kurang akan adanya perhatian pemerintah. Mulai dari rakyat tidak mampu, jalan yang tidak halus, jembatan yang roboh, lembaga pendidikan yang jauh sehingga untuk menempuhnya harus berjalan berpuluh puluh kilometer dan melalui banyak rintangan. Apa tindakan mereka untuk merawat, menjaga, menyayangi mereka ?


                Apakah sudah layak negeri kita yang kita cintai ini dikatakan merdeka sedangkan untuk mengantri BLT pun mereka yang tidak mampu harus berdesak desak, terinjak rinjak, terhimpit, bahkan ada yang pingsan. Tak hanya BLT mereka pun juga selalu begitu setiap kali ada sembako murah dari pemerintah. Mereka rakyat yang tidak mampu harus berdesakan sedangkan para pejabat justru masih ada saja yang mengambil kesempatan dalam kesempitan di dalam keadaan seperti ini dengan korupsi, bahkan Korupsi pun semakin meraja lela di negeri ini, mengapa harus korupsi ? apakah mereka tidak memikirkan rakyat mereka sendiri ?


                Ada 1 masalah besar yang paling banyak merusak kaum muda di Indonesia kalau Narkoba, telah banyak usaha untuk memerangi narkoba di Indonesia, tetapi semakin hari barang haram itu justru semakin mudah di dapat. Apa penyebab nya ? bahkan para pelajar di penjuru negeri ini pun ada yang menggunakannya. Selain itu ada juga konflik yang sering terjadi di Indonesia, pertikaian yang sering menimbulkan korban jiwa. Pertikaian yang seharusnya bisa dihindarkan dengan melalui jalan damai  tetapi justru berakhir tragis. Apa yang terjadi di negara ini ?


                Di balik itu semua, negara Indonesia ini memiliki banyak keindahan, negara dengan kebudayaan yang bermacam macam. Negara Indonesia itu sebenarnya adalah negara yang indah akan keindahan alamnya. Negara yang dijuluki dengan negara 1000 pulau karna banyak pulau di Indonesia, serta letak Indonesi yang srtategis sehingga dapat menguntungkannegara kita. Negara ini bisa menjadi negra maju, negara yang damai, negara yang makmur apabila kita para masyarakat Indonesia mau bersatu padu membangun Indonesia ini menjadi yang lebih baik, dengan dekatnya interaksi antara pemerintah dan rakyat.


    Negara kita memang sudah merdeka dari penjajahan secara langsung, tetapi negara kita belum merdeka dalam berbagai hal, seperti yang saya sebutkan tadi. Siapa yang harus kita salahkan ? Bagaimana cara kita memeranginya ?. Biarkanlah ini semua berjalan, hingga waktu kan merubah negara Indonesia ini menjadi negara yang makmur, sejahtera, tak ada permasalahan, tak ada pertikaian, dan menjadi negra yang maju. Surat ini saya tunjukkan kepada negara saya, negara Indonesia tempat saya bertinggal, negara yang indah akan keindahan alamnya, negara tempat saya menjalani kehidupan.


    Sekian surat yang saya berikan, saya meminta maaf sebesar besarnya apabila ada salah kata atau kata yang menyinggung dalam surat ini. Karena setiap manusia yang diciptakan oleh Allah SWT di dunia ini tidak lah ada yang sempurna dan luput dari kesalahan. Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas penyelenggaraan  even ini bagi para pelajar SMP dan SMA sederajat.


    Wassalamu’alaikum Warrahmatuallahhi Wabarrakaatu.



    Putri Mila Sari


    MAN Sidoarjo - Jawa Timur



    Info lengkap lomba silakan klik di sini

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: [Peserta Lomba Menulis Surat] Yakin, Merdeka? Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top