728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Kamis, 29 Agustus 2013

    [Peserta Lomba Menulis Surat] Hanya Harapan Kecil dari Pemikiran yang Sederhana

    Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh


    Bapak Presiden yang terhormat,


    Saya tahu mengemban tugas sebagai presiden dan memimpin negara ini sangat berat, tetapi saya hanya ingin menyampaikan beberapa pendapat yang selama ini ada dipikiran saya mengenai negara ini.


    1. Beribu pulau terbentang sempurna dari Sabang sampai Merauke banyak peninggalan sejarah dan budaya yang memiliki ciri khas tersendiri disetiap daerah. Terdapat banyak bentang alam alami maupun buatan yang indah diseluruh negeri ini baik di darat ataupun di laut. Tetapi mengapa hanya daerah tertentu saja yang menjadi objek pariwisata terkenal. Baik itu untuk wisatawan domenstik maupun mancanegara. Indonesia memiliki beribu pulau tidak hanya Pulau Bali, beribu danau tidak hanya Danau Toba, Beribu pantai tidak hanya Pantai Kuta, Beribu tempat untuk menyelam tidak hanya Raja Ampat, Beribu budaya daerah tidak hanya Tari Pendet, dan masih banyak lagi yang lebih menakjubkan.


    Andai saja pemerintah bisa memperbaiki semua fasilitas dan sarana objek wisata di Indonesia dan menjaga, melestarikan, serta mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia. Saya yakin Indonesia bisa menjadi tujuan wisata utama di dunia, dan membuat wisatawan yang pernah mengunjungi Indonesia ingin kembali berkunjung kembali ke Indonesia. Tentunya bukan pemerintah saja yang berperan dalam misi ini tetapi juga seluruh masyarakat. Bila misi ini berhasil otomatis pendapatan negara dari sektor ini akan terus meningkat dan juga akan menyerap tenaga kerja untuk mengurangi pengangguran.


    2. Banyak siswa lulusan SMA dan SMK tidak bisa melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi. Kebanyakan hal tersebut dikarenakan tidak adanya masalah biaya. Memang, pemerintah sudah menyediakan beasiswa tetapi jumlahnya kurang mencukupi. Padahal generasi muda adalaha generasi penerus bangsa. Jika tingkat pendidikan generasi muda di Indonesia minim, lantas bagaimana negara ini akan maju dimasa yang akan datang? Ya, mungkin tidak semuanya akan putus sekolah, tetapi tolong pemerintah jangan putuskan mimpi anak-anak yang kurang mampu. Hanya keadaan yang memaksakan mereka untuk tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Mereka juga pemimpi yang punya pandangan dan cita-cita orientasi kedepan.


    Sebaiknya pemerintah mewajibkan setiap siswa lulusan SMA atau SMK melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan cara menjamin biaya pendidikan bagi mereka yang belum mampu secara finansial. Kemudian, para siswa bisa menyicil biaya pendidikannya ketika mereka mendapatkan pekerjaan nantinya. Saya yakin jika latar pendidikan seseorang tinggi dan mempunyai keahlian, maka dia akan mendapat pekerjaan yang bagus dan dapat menyicil biaya kuliahnya. Dengan begitu sumber daya manusia Indonesia bisa lebih berkualitas dimasa yang akan datang.


    3. Banyak produk barang import dari luar negeri dalam kehidupan sehari- hari disekitar kita tanpa disadari seperti sepatu, tas, baju, makanan, buah-buahan, alat tulis, mainan, perabotan, dan makanan pokok kita sendiri juga diimport dari negara lain. Bukannya Indonesia itu negara yang amat kaya? Bagaikan tanah surga? Bahkan bukan lautan tapi kolam susu. Jawabannya karena produksi dalam negeri kita sendiri belum dapat mencukupi. Mungkin karena orang Indonesia belum terlalu kreatif. Indonesia yang dikenal menjadi negara agraris sekarang berubah menjadi negara industri. Banyak pabrik yang berdiri di Indonesia sehingga menyerap tenaga kerja yang besar, tetapi pemilik sahamnya kebanyakan juga orang asing. Kapan Indonesia bisa mandiri? Susah memang untuk sedikit merubah dan memperbaikinnya.


    Pemerintah harus menaikkan harga pajak setiap produk barang yang masuk ke Indonesia sehingga harganya jauh lebih mahal daripada produk dalam negeri. Jangan sampai produk dalam negeri sendiri kalah bersaing. Intinya jika banyak SDM yang kretif dan peluang yang besar di pasar dalam negeri sendiri serta partisipasi masyarakat tinggi, maka produk dalam negeri Indonesia akan menjadi raja. Pemerintah juga tidak perlu repot-repot mengeluarkan anggaran untuk import barang produk luar negeri.


    4. Kesejahteraan buruh di Indonesia masih harus diperhatikan. Buruh itu manusia bukan robot, punya perasaan, butuh makan, minum, tempat tinggal, kebutuhan sehari-hari, dan lain sebagainya. Peningkatan UMR serta jaminan keselamatan kerja, adanya jaminan kesehatan, dan jaminan dimasa tua demi kesejahteraan buruh. Jika buru sejahtera maka kehidupannya pun berkecukupan, sehingga angka kemiskinan di Indonesia dapat  menurun setiap tahunnya.


    5. Sebaiknya pemerintah mengeluarkan aturan bahwa setiap produk jika ingin mengiklankan produknya di televisi, dalam iklan tersebut harus berisi ajaran moral ataupun makna tentang kehidupan. Sehingga dapat memberikan pelajaran kepada masyarakat luas tanpa disadari. Pemerintah juga harus memantau acara televisi apalagi acara khusus anak-anak harus berbeda dengan acara televisi untuk remaja, orang dewasa, dan lansia.


    6. Diterapkannya sistem plat nomor genap dan ganjil di Indonesia untuk mengurangi kemacetan dan penggunaan BBM. Selain itu dinaikkanya pajak kendaraan bermotor supaya masyarakat bisa memaksimalkan sarana dan prasarana umum. Sehingga negara semakin diuntungkan dan keuntungan tersebut akan kembali lagi untuk kesejahteraan rakyat.


    Demikian presiden, beberapa pendapat dari saya. Saya sadar kalau hanya menulis mudah, tetapi melaksanaannya susah. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan ataupun pendapat.


    Terima Kasih,


    Walaikumsalam Warrahmatullahi Wabarakatuh


    Fitriyani Mutiara C


    SMA Negeri 1 Ungaran, Semarang - Jawa Tengah

    Info lengkap lomba silakan klik di sini

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: [Peserta Lomba Menulis Surat] Hanya Harapan Kecil dari Pemikiran yang Sederhana Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top