728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Sabtu, 31 Agustus 2013

    [Peserta Lomba Menulis Surat] Pelajar Pengisi Kemerdekaan

    Semarang, 25 Agustus 2013


    Kepada


    Para pelajar Indonesia



                Perkenalkan nama saya Isnaeni Riski Basuki, seorang pelajar di SMK Kristen Gergaji Semarang. Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-68 ini ada banyak hal yang dapat kita lakukan sebagai warga negara Indonesia. Hal yang sangat dekat dengan posisi kita saat ini adalah kita sebagai pelajar juga mempunyai tanggung jawab untuk mengisi kemerdekaan ini.


                Pelajar dapat kita artikan sebagai orang yang sedang belajar, bersekolah atau orang yang sedang mempelajari tentang pendidikan. Pelajar tentunya mempunyai tujuan dan mereka pasti ingin mencapai semua itu dengan optimal.


                Pelajar akan menjadi penentu masa depan bangsa dan mereka akan mempengaruhi maju atau tidaknya bangsa Indonesia. Setiap pelajar mempunyai potensi dan akan selalu mengalami proses perkembangan dalam kehidupannya. Proses perkembangan kemampuan yang dimiliki tentu berkaitan dengan Bapak dan Ibu guru sebagai pembimbing kita di sekolah.


                Dalam proses belajar, pelajar harus dapat memperhatikan bagaimana keadaan lingkungan sekitar dan kemampuan diri sendiri. Sehingga dengan berbekal pengamatan terhadap lingkungan di sekitar serta didukung dengan kesadaran terhadap kemampuan yang dimiliki, akan menghasilkan sebuah solusi terkait dengan masalah tersebut.


                Oleh karena itu saya berharap kepada Bapak dan Ibu guru di sekolah dapat memberikan pembinaan dan bimbingan kepada kami semua agar kami dapat meraih apa yang kami cita-citakan demi mengisi kemerdekaan ini. Sebagai seorang pelajar kita adalah cermin generasi muda. Namun sayangnya saat ini dunia pelajar sedang mengalami krisis moral dengan banyaknya peristiwa kekerasan antar pelajar dan perilaku menyimpang pelajar yang lainnya. Ini juga merupakan salah satu tugas pelajar untuk mempelajari bagaimana seharusnya kita untuk bersikap sopan dan penuh tanggung jawab. Contohnya sangat mudah, kita sebagai pelajar harus selalu menjaga hubungan baik dengan guru maupun teman-teman. Belajar dari hal yang sederhana, tetapi mempunyai manfaat yang luar biasa.


                Melalui surat ini, saya ingin menyampaikan, menggugah dan menyadarkan para pelajar Indonesia bahwa kita sebagai pelajar juga memiliki kewajiban dalam mengisi kemerdekaan Indonesia. Kita pelajar Indonesia harus selalu mengingat hal ini:




    1. Pelajar harus menyadari arah dan tujuan kita belajar. Sehingga kita tidak menganggap belajar hanya sebuah rutinitas belaka.

    2. Pelajar harus memiliki niat yang tulus dalam belajar. Bukan karena adanya niatan ekstrinsik yang lain, sehingga akan tumbuh rasa keikhlasan dalam belajar.

    3. Jangan membuang-buang waktu untuk bersantai.

    4. Harus mampu menjaga hubungan baik dan kerja sama dengan teman untuk memperoleh pengalaman baru dalam membuktikan keberhasilan belajar.

    5. Kita pelajar Indonesia selalu aktif untuk memperhatikan keadaan lingkungan di mana kita berada karena kita merasa sebagai bagian dari bangsa Indonesia.


                Itulah semua yang ingin saya sampaikan kepada seluruh pelajar Indonesia. Kita memiliki tanggung jawab untuk memajukan negara Indonesia kelak dikemudian hari. Semoga surat saya ini bermanfaat untuk semuanya dan mampu membangkitkan seluruh pelajar Indonesia.



     Isnaeni Riski Basuki


     SMK Kristen Gergaji, Semarang - Jawa Tengah


    Info lengkap lomba silakan klik di sini

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: [Peserta Lomba Menulis Surat] Pelajar Pengisi Kemerdekaan Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top