728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Jumat, 30 Agustus 2013

    MA Al-Shighor Cirebon Gelar Pelatihan Riset

    Pangenan, madingsekolah.net




    [caption id="attachment_1686" align="alignleft" width="300"]Foto: Kontributor MA Al-Shighor Foto: Kontributor MA Al-Shighor[/caption]

    Madrasah Aliyah (MA) Al-Shighor Pesantren Gedongan, Pangenan, kabupaten Cirebon menggelar pelatihan riset dan penelitian untuk 60 siswa-siswi kelas XI dan XII di Saung Pesantren Gedongan, Cirebon. Rabu (28/8) siang.


    Dalam pelatihan tersebut, para peserta diberikan materi seputar metodologi penelitian, tahapan melakukan penelitian dan praktek penulisan catatan lapangan atau biasa disebut dengan Field Note. Mohammad Yamin, salah satu peserta mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat guna membekali para siswa untuk mengembangkan pengetahuan tentang penelitian.


    "Sebelumnya, yang saya kira dengan penelitian itu hanya berlaku di seputar laboratorium dan hanya berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam, dan biasanya dilakukan oleh para profesor ahli, tapi ternyata tidak, melalui pelatihan ini saya jadi paham, bahwa apapun bisa kita teliti dan bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk pelajar," ungkap Yamin.


    Sementara itu, Agus Muhaeimin, Kepala MA Al-Shighor Cirebon menegaskan bahwa pelatihan ini sengaja digelar dalam rangka mempersiapkan Al-Shighor sebagai sebuah pendidikan menengah atas yang berbasis riset.


    "Kami telah lama merencanakan pelatihan semacam ini, tujuannya adalah mewujudkan Al-Shighor sebagai sebuah madrasah berbasis riset, juga membekali para siswa agar mampu menghadirkan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi orang banyak." jelas Pak Agus.


    Secara tahap pertahap materi pelatihan disampaikan secara jelas dan disambut dengan keantusiasan para peserta, materi pengenalan metodologi penelitian dan praktek penulisan catatan lapangan disampaikan oleh Sobih Adnan, Direktur Pusat Data, Riset dan Publikasi di JINGGA Media. Rencananya, pelatihan penelitian bagi siswa dan siswi Al-Shighor ini  digelar setiap bulan, pihak sekolah menjalin kerjasama dengan madingsekolah.net agar program ini bisa berjalan sesuai dengan apa yang telah dicita-citakan.


    (Ali Nur Ali Zain/Kontributor Al-Shighor)


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: MA Al-Shighor Cirebon Gelar Pelatihan Riset Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top