728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Sabtu, 31 Agustus 2013

    [Peserta Lomba Menulis Surat] Takkan Bisa Sempurna

    Yth.


    Teman-teman sebangsa dan setanah air


                Jika mendengar kata Indonesia apakah yang ada di pikiranmu? Korupsi? Pemerintahannya kacau? Atau ada yang lain? Saya pikir ada beberapa atau mungkin banyak yang akan berpikir seperti itu. Kenapa saya bisa bilang seperti itu? Ya karena kalau saya bicara tentang Indonesia orang-orang yang saya ajak bicara kurang lebih akan menanggapi tentang keburukannya atau mengeluh lelah dengan negara ini. Mungkin tidak semua seperti itu, tetapi pasti ada yang bilang seperti itu. Mulai dari bicara tentang buruknya pemerintahan, pendidikan, sampai curahan hatinya yang ingin pindah kewarganegaraan. Jujur sedih mendengarnya. Tapi memang saya akui, Indonesia belumlah lepas dari masalah seperti pemerintahan dan pendidikan. Masalah yang dihadapi Indonesia begitu banyak hingga menutupi segala hal baik dari negeri ini.


                Tapi tidak bisakah kita berhenti mengeluh dan melihat sisi baik Indonesia? Indonesia memiliki banyak hal baik dan mungkin ada beberapa hal baik yang bahkan negara maju pun tidak punya. Indonesia punya alam yang begitu indah dan kaya, anak-anak berpotensi, ragam budaya, dan masih banyak lagi. Saya yakin, sebenarnya jika kita mau kita pasti bisa membuat Indonesia menjadi negara yang amat maju, karena Tuhan sudah memberi kita negara yang isinya lengkap. Tetapi kenapa dengan itu semua kita masih terpuruk? Karena kita tidak memanfaatkannya. Kita, masyarakat Indonesia yang hanya berdiam diri tanpa melakukan apa pun. Saya beranggapan, jika kalian, orang-orang yang tak berbuat perubahan, menghina Indonesia, berarti kalian telah menghina diri kalian sendiri. Karena kalian tak memanfaatkan potensi negara dan diri kalian. Jika kalian melakukan itu berarti kalian termasuk orang yang membuat negara ini terpuruk. Maju atau terpuruknya Indonesia dibawa oleh komponen terpenting Indonesia, yaitu rakyatnya. Jika rakyatnya diam saja, lalu apakah Indonesia akan maju seperti yang kalian inginkan? Jawabannya, tidak akan pernah.


                Beberapa orang menyalahkan pemerintah.Mungkin memang beberapa pemerintah tidak menjalankan amanah dengan baik, tetapi tidak semuanya. Pasti ada pemerintah yang masih mementingkan rakyatnya. Jika pemerintah tidak dapat diandalkan, mengapa kalian tidak bergerak lebih dahulu? Kalian masih bisa bergerak mencoba melakukan perubahan. Awalnya pasti berat dan dampaknya pun tidak langsung terlihat, tetapi tidaklah mustahil usaha kalian akan membawa sedikit perubahan yang lama kelamaan akan membawa perubahan yang besar. Mungkin saja usaha kalian suatu hari nanti akan dilihat oleh pemerintah dan mereka akan mengikuti kalian.


                Renungkanlah, sampai kapan kita mau seperti ini terus? Sampai kapan kita mau menunggu pemerintah? Kenapa kita tidak mencoba untuk bangkit sendiri? Pemerintah pun tidak bisa mengurus kita semua. Jumlah kita terlalu banyak, dan itu tidaklah mudah. Terkadang pun pemerintah sudah membuat kebijakan atau fasilitas untuk kita, tapi apakah kita benar-benar patuh atau menjaga apa yang diberikan pemerintah? Mungkin tidak. Negara-negara maju pun pada awalnya mengalami hal-hal sulit, dan tidak tiba-tiba langsung maju. Tetapi mereka mencoba melakukan perubahan. Dan perubahan itu akhirnya membawa mereka pada kemajuan.


                Jika kalian tidak bisa mengajak orang-orang pada perubahan, ajaklah diri kalian sendiri. Paksa diri kalian untuk berbuat sesuatu yang dapat mengharumkan Indonesia. Kalian bisa mengharumkan Indonesia dengan profesi atau hal yang kalian suka. Jika kalian suka melukis, buatlah suatu lukisan yang dapat terkenal hingga ke penjuru dunia, jika kalian suka Matematika, belajarlah dengan giat dan ikuti kompetisi Matematika hingga kalian bisa menang dan mengharumkan negara kita di negara lain, yang terpenting adalah kalian konsisten dengan minat kalian dan berusaha untuk membuat perubahan. Tidak ada yang mustahil di dunia ini. Jika anak-anak Indonesia yang lain melihat kalian suatu hari nanti dengan penghargaan yang kalian dapat, tidaklah mungkin mereka juga ingin untuk berbuat sesuatu seperti kalian. Walaupun kalian tidak berusaha membuat orang lain berubah, tanpa kalian sadari kalian sudah bisa membuat orang berubah dengan semangat kalian sendiri.


                Jangan tunggu pemerintah jika kalian sendiri bisa membuat negeri ini lebih baik. Yang terpenting adalah optimis. Sebelum kalian membuat orang lain berubah, ubahlah diri kalian dahulu. Jika bukan kita yang mencoba berubah, siapa lagi yang akan berubah? Memang semua tidak mudah, tapii jika kalian memliki semangat, tekad, mimpi, dan pendirian, kalian akan bisa membuat negeri ini lebih baik, dan bahkan pemerintah pun akan berubah mengikuti kalian. Mungkin negara ini tidak akan pernah bisa menjadi sempurna seperti yang kita inginkan, tetapi setidaknya kita bisa membuat negeri ini lebih baik, dan menghapuskan segala ejekan yang sering kita dengar tentang Indonesia.



    Bethari Nindita W


    SMA Al-Hikmah Surabaya - Jawa Timur


    Info lengkap lomba silakan klik di sini

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: [Peserta Lomba Menulis Surat] Takkan Bisa Sempurna Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top