728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Selasa, 24 September 2013

    Serunya Belajar Menulis Bareng madingsekolah.net


    Cirebon, Mading Sekolah

    Ada saja pengalaman menarik selama tim jurnalistik SMAN 1 Lemahabang tergabung sebagai kontributor di madingsekolah.net, portal pelajar Indonesia. Melalui website ini, tim jurnalistik mendapatkan beberapa pengalaman dan pengetahuan penting terutama berkaitan dengan karya tulis menulis pelajar.

    Pengelolaan Media Sekolah Melalui Internet

    Tim Jurnalistik SMAN 1 Lemahabang tergabung sebagai kontributor resmi semenjak pertama kali website madingsekolah.net diluncurkan, yakni pada tanggal 14 Februari 2013 yang lalu. Melalui acara Workshop Jurnalistik dan Pengelolaan Media Sekolah yang berhasil mengumpulkan lima sekolah tersebut, tim jurnalistik SMAN 1 Lemahabang mendpatkan banyak pengetahuan tentang berbagai jenis kreasi tulis menulis, seperti teknik penulisan berita, teknik wawancara, serta pengelolaan media sekolah melalui internet. Selain itu, tim jurnalistik SMAN 1 Lemahabang juga mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman kepada peserta dari sekolah lain.

    Mendapatkan Reward Dua Kali

    Selain sebagai tempat belajar kejurnalistikan dan media informasi seputar sekolah, madingsekolah.net juga kerap memberikan reward dan hadiah menarik bagi para kontributornya. Dea Sheila Hilalia, pemimpin redaksi website keren ini mengungkapkan bahwa pemberian reward ini semata-mata hanya untuk memacu semangat menulis para kontributor.

    “Kami juga menyediakan hadiah untuk para kontributor berupa paket buku atau kesempatan wawancara dengan tokoh, meskipun tidak seberapa, mudah-mudahan hal ini bisa lebih memacu kesemangatan teman-teman untuk menulis.”

    Dalam perjalanannya selama tergabung bersama madingsekolah.net, tim jurnalistik SMAN 1 Lemahabang telah mendapatkan dua kali reward dengan kategori yang berbeda, pertama atas nama kontributor teraktif pada bulan Maret 2013 dengan mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai Ardhi Pardiansyah, vokalis grup band Second Civil, dan yang kedua, atas nama liputan terbaik bulan Juni 2013, yang mengangkat judul “Wow, Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Lemahabang Dari Amerika”. Kedua hal tersebut tentunya suatu kebanggaan tersendiri dan membuat tim jurnalistik SMAN 1 Lemahabang semakin giat untuk meliput dan menulis.

    Kongko Jurnalistik

    Sekitar 25 peserta perwakilan dari 10 sekolah menengah tingkat atas dan tingkat pertama berkumpul di Toko Buku Gramedia, Grage Mall Cirebon untuk mengikuti acara Kongko Jurnalistik yang digelar oleh madingsekolah.net, salah satunya adalah perwakilan dari tim jurnalistik SMAN 1 Lemahabang kabupaten Cirebon. Rabu (11/9).

    Sesi pertama, masing-masing dari perwakilan sekolah diberi kesempatan untuk mengutarakan pengalamannya dalam mengelola media sekolah, tim jurnalistik SMAN 1 Lemahabang pun diberikan kesempatan pertama untuk berbagi pengalaman menarik selama menekuni dunia tulis menulis.

    Sesi selanjutnya, para peserta diberi berbagai pengetahuan menarik, hadir sebagai pembicara dalam acara kongko tersebut adalah bapak M. Noupel, beliau adalah salah satu wartawan senior dan general manager dari Radar Cirebon Grup.

    Dalam kesempatan penyampaian materi, M. Noupel memberikan semacam motivasi bagi teman-teman pelajar untuk tetap giat menulis dan berkarya.

    “Anak SMP dan SMA sekarang ini tingkat kreatifitasnya berbeda, tinggal bagaimana mereka mengola kemampuannya, kemauan dan punya tekad untuk memulai.” Ungkap Pak Noupel.

    Selain M. Noupel, acara ini juga dipandu oleh Ahmad Rovahan, dia adalah salah satu dewan pakar dari madingsekolah.net, dengan pembawaan yang asyik, peserta akhirnya mampu menemukan pengetahuan baru di bidang tulis menulis, di antaranya meliputi teknik penulisan berita, wawancara, pengelolaan media sekolah.

    Tentu saja bukan hanya pengetahuan tentang penulisan berita yang kami dapatkan dalam acara ini, kami juga diberikan penjelasan tentang trik menulis cerpen, inilah yang diungkapkan oleh Sobih Adnan, salah satu dewan pakar madingsekolah.net saat mendapatkan kesempatan untuk menjelaskan secara sekilas tentang dunia sastra pelajar.

    “Gambarkan seluas mungkin bagaimana dan apa saja yang kita lihat, bahasa yang di gunakan boleh bahasa sehari - hari tapi kita harus tetap punya misi untuk mengkampanyekan penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar.” Papar Sobih.

    Workshop Jurnalisme Foto

    Pada tanggal 22 September 2013, tepatnya pada hari Minggu yang lalu, tim jurnalistik SMAN 1 Lemahabang kembali mengikuti acara yang digelar oleh madingsekolah.net, portal pelajar Indonesia. Kali ini, acara tersebut bertajuk Workshop Foto Berita Untuk Pelajar yang dilangsungkan di kantor JINGGA Media, pusat analisis data dan pengembangan media komunitas.

    Seperti biasa, dalam acara tersebut diawali dengan sesi perkenalan antar peserta, bedanya, kali ini SMAN 1 Lemahabang diberi kesempatan berbagi tentang media sekolah sekaligus pengalaman keterlibatannya selama menjadi kontributor di madingsekolah.net, peserta yang hadir sebanyak 20 orang dari perwakilan 10 sekolah yang siap untuk menjadi kontributor baru.

    Pada sesi penyampaian materi, materi pertama diisi oleh Asep Saefur Rochman, dia adalah seorang fotografer sekaligus pendamping rubrik foto di madingsekolah.net. Asep memaparkan tentang beberapa trik pengambilan gambar serta menerangkan tentang peran foto dalam sebuah pemberitaan.

    “Foto berfungsi sebagai ilustrasi sebuah, membuat pemberitaan menjadi lebih lengkap, akurat dan menarik, serta foto merupakan unsur pertama yang menangkap mata pembaca.” Jelas Kak Asep.

    Kemudian sesi kedua dilanjutkan dengan pemaparan tentang teknik menulis berita, yang kali ini disampaikan oleh Ahmad Rovahan, selain itu, dia juga menceritakan tentang teknik pembuatan esai foto, lalu disambung dengan penyampaian materi terakhir tentang pengelolaan media sekolah di internet oleh Mubarok Hasanuddin, pimpinan umum madingsekolah.net, dalam sesi ini dia banyak berbincang mengenai plus-minus penggunaan akun jejaring sosial serta berbagi tips penggunaan internet secara aman dan bijak terutama bagi remaja dan pelajar.

    Melalui serunya kegiatan-kegiatan madingsekolah.net yang diikuti tim jurnalistik SMAN 1 Lemahabang, kami berharap pengetahuan yang didapat akan menjadi penyemangat tersendiri untuk meningkatkan produk jurnalistik dan karya tulis menulis pelajar menjadi lebih baik.

    (Delvi Sulistin Monawati/Kontributor SMAN 1 Lemahabang)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Serunya Belajar Menulis Bareng madingsekolah.net Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top