728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Rabu, 03 Juli 2013

    Bahasa Arab? Pentingkah?


    Bahasa adalah kelebihan yang dimiliki oleh setiap orang semenjak lahir, sedangkan  bahasa akan tercipta dengan sendirinya sesuai dengan lisan dan lahjah (dialek)nya masing-masing, bergeser sedikit saja dari suatu daerah maka dialeknyapun akan berbeda, dan akan terlihat jelas perbedaanya ketika lingkungan, adat istiadat dan budayanyapun berbeda. Maka bahasa adalah komponen terpenting untuk menjalin komunikasi antar sesama, entah itu lintas daerah, lintas pulau, negara bahkan lintas benua, karena dengan bahasa kita akan terasa sangat akrab, terasa seperti satu rumpun dan bisa saling memahami dari setiap sesuatu yang dimaksud.  Bahkan, sebuah pepatah Arab mengatakan;

    Man arofa lughota qowmin fasalima min akhtorihi”

    (barang siapa yang mengerti bahasa sebuah kaum maka dia akan akan selamat dari bahaya-bahayanya).

    Dari sekian banyak bahasa salah satu bahasa yang paling tua di dunia adalah bahasa Arab, dan dustur (Pedoman) utama umat Islam sendiri adalah al-Quran dan hadits, dan semuanya menggunakan bahasa Arab, manuskrip-manuskrip yang menceritakan asal mula lahirnya Agama Islam, itupun dengan menggunakan bahasa Arab.

    Bahasa arab bukan sembarang bahasa yang bisa disamakan dengan bahasa yang lainnya, bahasa Arab memiliki banyak sekali keistimewaan, bahasa yang kalimatnya bisa memiliki makna lebih dari 3 (tiga), bahasa yang bisa menghasilkan ilmu-ilmu baru, dan bahasa yang mampu membantu kita untuk menelaah lebih dalam mengenai masa keemasan Islam. Dan yang tak kalah pentingnya, bahasa Arab merupakan salah satu bahasa Internasional yang diakui oleh masyarakat dunia.

    Lalu, apa pentingnya kita belajar bahasa Arab?  Berikut beberapa alasan mengapa kita harus belajar bahasa Arab;



    1. Untuk memahami kandungan makna yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadits, karena dengan mempelajari bahasa Arab secara mendalam kita akan mengetahui dan mengerti setiap maksud yang diungkapkan di dalamnya, karena Al-Quran adalah salah satu teks yang sering menggunakan kalimat-kalimat yang samar, maka lahirlah istilah ayat Al-Mutasyabihat.

    2. Sebagai alat berkomunikasi dengan masyarakat yang berada di timur tangah dan lain sebagainya, karena bahasa Arab merupakan bahasa resmi 22 negara dan di gunakan lebih dari 250 juta orang, dan salah satu bahasa internasional yang digunakan oleh masyarakat dunia.

    3. Sebagai alat pemersatu umat Islam.

    4. Dan sebagai sarana terpenting guna mewujudkan peradaban Islam karena dengan bahasa akan mengangkat peradaban pemilik bahasa tersebut.

    Dan masih banyak lagi tujuan dari pembelajaran bahasa Arab yang tidak di sebutkan di sini.

    Ayo kawan-kawan sekalian, setelah kalian membaca tulisan ini, kalian harus ada keinginan dari hati untuk memulai mempelajari dan memahami bahasa Arab, pasti semuanya ingat “Dengan bahasa kita akan mampu untuk memegang dunia”.



    Rubrik Lughot ini adalah sebuah ruang bagi pelajar untuk mengenal bahkan mendalami Bahasa Arab, Diasuh oleh Ust. Ahmad Nizar, Mahasiswa Dirosah Islamiyah di Université Ibn Tofail - Maroko, dan pernah belajar di Syiria Islamic Boarding School - Syiria. Dengan berbagai pengalamannya di bidang bahasa Arab, para pengunjung akan disuguhi dengan beberapa tips, materi dasar, menengah, bahkan tingkat profesional. Jadi, selalu tunggu edisi terbarunya ya? Oke!


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    1. [...] akan petingnya bahasa Arab, mungkin alasan mengenai kepentingannya sudah pernah diulas pada pertemuan pertama, namun langkah yang perlu kita raih pertama kali untuk menapakinya adalah pembahasan yang menjadi [...]

      BalasHapus

    Item Reviewed: Bahasa Arab? Pentingkah? Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top