728x90 AdSpace


  • Terbaru

    Selasa, 22 Oktober 2013

    SMP, SMK dan MA Al-Shighor Laksanakan Ziarah Walisongo

    [caption id="attachment_2053" align="alignleft" width="300"]ziarah wali songo Foto: Kontributor MA Al-Shighor[/caption]

    Pangenan, Mading Sekolah


    Seperti tahun-tahun sebelumnya, para santri keluarga besar Al-Shighor melaksanakan ziarah ke makam-makam Walisongo. Untuk tahun ini, ziarah tidak hanya diperuntukkan bagi kelas 3 baik SMP, SMK maupun MA namun juga dibuka untuk siapa pun yang berminat. Zaiarah Walisongo keluarga besar pesantren Al-Shighor telah dilaksankan semenjak tanggal 15 hingga 19 Oktober 2013, kemarin. (22/10).


    Dalam perjalanan yang bermakna tersebut, selain berkunjung dan berziarah ke makam Walisongo, para santri juga di ajak untuk mengunjungi makam Mbah Kholi di Bangkalan, Madura, makam Syekh Jumadil Kubro di Mojokerto hingga makam Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno di Blitar, Jawa Timur.


    Ibnu Mas’ud, ketua panitia sekaligus salah satu pengurus pesantren Al-Shighor, Gedongan, Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon mengungkapkan tujuan digelarnya acara ziarah ini adalah agar para santri mampu meneladani dari setiap tokoh yang telah berjasa di Nusantara, terutama berjasa dalam bidang sosial-keagamaan.


    “Maka, selain berziarah, kami juga menugaskan para santri untuk mencatat kesan dari setiap situs yang dikunjunginya, juga mereka ditugaskan untuk meneliti secara sederhana tentang sejarah-sejarah singkat tokoh-tokoh tersebut,” ungkap Ibnu Mas’ud.


    Ibnu Mas’ud berharap para peserta ziarah dapat mengambil hikmah dari setiap kesan dan pesan perjalanan yang diperolehnya.


    “Dengan ini kami berharap para santri akan lebih mengenal daerah-daerah dan sejarah Islam.” Pungkasnya.


    (Ali Nur Ali Zein/Kontributor MA Al-Shighor)


     
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: SMP, SMK dan MA Al-Shighor Laksanakan Ziarah Walisongo Rating: 5 Reviewed By: Jingga Media
    Scroll to Top